Pengelompokan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Clustering K-Means Pada SMK Muhammadiyah 1 Weleri
Keywords:
Algoritma K-Means, Pendidikan, Clustering, SiswaAbstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan objek yaitu SMK Muhammadiyah 1 Weleri. Hasil pengelompokkan pembelajaran siswa SMK Muhammadiyah 1 Weleri menggunakan alat RapidMiner untuk menerapkan algoritma K-means Clustering. Data yang digunakan yaitu siswa jurusan tata boga kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Weleri sebanyak 737 siswa. Dengan menggunakan metode elbow untuk menentukan cluster terbaik, data ini menghasilkan jumlah cluster terbaik K=5. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memastikan efektivitas clustering dalam mengelompokkan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari penelitian ini mendapatkan 5 cluster dengan 17 atribut dengan masing-masing cluster memiliki rata-rata pada centroid cluster0 (84,3), cluster1 (82,4), cluster2 (81,8), cluster3 (81,4), cluster4 (82,3). Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini siswa yang mendapatkan hasil belajar yang sangat baik pada cluster0 dan hasil belajar kurang baik pada cluster3.