Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Belajar
Keywords:
Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, pemahaman konsep, keaktifanAbstract
Pendidikan meruapakan suatu usaha yang disenagaja untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif, memungkinkan seseorang dapat menerima materi dengan baik. Pembelajaran yang dapat berdiferensi dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dapat mendorong pengembangan dan keterampilan peserta didik, dan mendorong kapasitas peserta untuk memhamai konsep psaat menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap pemahaman konsep dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap keaktifan belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN Klampok 02. Teknik yang digunakan Nonprobability Sampling dengan jenis sampling yaitu sampling jenuh. Jumlah sampel pada kelas eksperimen berjumlah 30 sedangkan pada kelas control berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ststistik deskripsi, uji normalitas, uji homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat hipotesis, uji t sebagai uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap pemahaman konsep berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung =2,458 > tatbel 1,697, jadi Ha diterima dan Ho ditolak . terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap keaktifan belajar berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 3,731 > ttabel 1,697, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.