Pembentukan Karakter Melalui Peran Guru Untuk Mengantisipasi Kenakalan Peserta Didik Kelas V SDN Pasarbatang 03
Keywords:
karakter, peran guru, kenakalanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter melalui peran guru untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan literature riview. Menggunakan keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, data display( penyajian data), dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Pembentukan karakter melalui peran guru untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik dilakukan melalui sholat, di sekolah, permainan tradisional, dan melalui dongeng. (2) Peran yang dimiliki oleh guru sebagai pendidik, pelatih, cinta peserta didik, komunikator, kolekor dan fasilitator dalam penguatan dan pengembangan karakter yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik. (3) upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik melalui upaya preventif(pencegahan), Upaya Kuratif dan pembinaan. Dengan adanya pembentukan karakter melalui peran guru dapat memberikan penanaman karakter serta pengembangan karakter yang dimiliki peserta didik menjadi lebih baik dalam mengantisipasi kenakalan.
Kata Kunci : Karakter, Peran Guru, Upaya Kenakalan