Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva di SDN 7 Banjarharjo

Authors

  • Indah Permoni Suci UMUS
  • Nur Ariesanto Ramdhan Universitas Muhadi Setiabudi

Keywords:

Desain Grafis, Canva, siswa SDN Banjarharjo 07, Kreatifitas.

Abstract

Dalam era milenial dan digital saat ini, dunia desain mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dalam hal ini, generasi muda atau siswa perlu dibekali ilmu tentang desain grafis dan multimedia sebagai bekal keterampilan, Pelatihan desain grafis menggunakan Canva menjadi langkah signifikan kreatifitas siswa SDN Banjarharjo 07. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreatifitas siswa dalam memperkenalkan desain grafis kepada siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan siswa kelas 5 SDN Banjarharjo 07 sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Canva efektif dalam mengenalkan desain kepada siswa. Melalui antarmuka yang user-friendly, siswa dapat mendesain untuk kelas. Namun, ditemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan akses internet di lingkungan sekolah dan perangkat yang beragam di kalangan siswa. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih terhadap infrastruktur teknologi yang dapat mendukung pengenalan desain grafis menggunakan Canva secara merata. Dalam konteks SDN Banjarharjo 07, hasil penelitian ini memberikan panduan berharga bagi sekolah dan guru dalam kreatifitas siswa. Pengenalan yang efektif terhadap desain grafis diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

Downloads

Published

01-02-2024

Issue

Section

Articles