Menarik Minat Litersi Siswa SD Kelas Rendah Menggunakan Metode Storytelling di SD Negeri 2 Salem

Authors

  • Dedy Hendry Universitas
  • Yasin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Moh. Toharudin Universitas Muhadi Setiabudi

Keywords:

minat literasi, metode storytelling, penguatan literasi

Abstract

Rendahnya minat literasi peserta didik menjadi masalah penting didalam meningkatkan mutu diri peserta didik. Sejatinya minat literasi merupakan pondasi awal bagi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca, salah satu hal yang menjadi penyebab rendahnya minat literasi peserta didik ialah malas atau menganggap membaca adalah hal yang membosankan. Hal ini yang menjadi salah satu faktor peserta didik kurang tertarik dengan budaya membaca, pada hakikatnya hobi membaca dapat menjadi acuan didalam meningkatkan berbagai kemampuan. Upaya di dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di SD Negeri 2 Salem yaitu dengan diadakannya kegiatan penguatan literasi dan storytelling melalui lomba mewarnai dan storytelling dari penayangan video cerpen serta dongeng. Pada saat pelaksanaan kegiatan ini peserta didik diarahkan untuk melihat dan mencerna video atau dongeng yang ditayangkan serta cerita pendek yang disampaikan melalui lisan. Di dalam pengabdian masyarakat ini yang menjadi target sasaran ialah peserta didik kelas rendah di SD Negeri 2 Salem.

Downloads

Published

01-02-2024

Issue

Section

Articles