Memanfaatkan Augmented Reality Untuk Pengajaran Tata Surya: Studi Kasus Di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh

Authors

  • Dimas Tegar Prasetyo Universitas Muhadi Setiabudi
  • R.M Herdian Bhakti Universitas Muhadi Setiabudi
  • Puji Wahyuningsih Universitas Muhadi Setiabudi

Keywords:

Augmented Reality, tata surya, pembelajaran, interaktif, motivasi belajar

Abstract

Dalam era cepatnya perkembangan teknologi dan informasi, bidang pendidikan mengalami perubahan signifikan. Salah satu inovasi menarik adalah Augmented Reality (AR), yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital untuk pengalaman belajar yang interaktif. Penelitian ini menerapkan teknologi AR dalam pengajaran Tata Surya di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh. Melalui metode marker pada platform Android, siswa diperkenalkan pada Tata Surya dengan pengalaman visual yang lebih mendalam. Aplikasi ini fokus pada delapan planet utama serta menunjukkan peningkatan pemahaman dan kepuasan siswa terhadap pembelajaran. AR tidak hanya memperkuat konsep, tetapi juga mengembangkan motivasi, imajinasi, dan kreativitas siswa. Hasil ini mendukung efektivitas penggunaan AR dalam pembelajaran Tata Surya di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh, membuka peluang untuk lebih mengintegrasikannya dalam kurikulum guna meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi masa depan yang ditopang oleh teknologi modern.

Downloads

Published

01-01-2024

Issue

Section

Articles