Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Jamur Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Wanasari Brebes
Keywords:
Augmented Reality, jamur, pembelajaran, interaktif, motivasi belajarAbstract
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu teknologi yang menonjol adalah augmented reality (AR), yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital, menciptakan pengalaman interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan AR dalam pembelajaran jamur di SMAN 1 Wanasari Brebes. Penelitian ini menyajikan Jamur menggunakan AR berbasis Android dengan metode marker. Marker digunakan sebagai objek yang mewakili jamur. Aplikasi ini tersedia di perangkat Android dan berisi informasi tentang 5 jamur, termasuk Phytophthora Infestans, Rhizophus Oryzae, Agaricus Bisporus dan Aspergillus flavus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AR dalam pembelajaran jamur berhasil menciptakan pengalaman interaktif yang menarik bagi siswa. Pemahaman siswa tentang materi jadi lebih meningkat dan kepuasan belajar tinggi. Aplikasi ini juga merangsang motivasi, imajinasi, dan kreativitas siswa. Penggunaan AR dalam pembelajaran seperti jamur di SMAN 1 Wanasari terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa. Diharapkan teknologi ini akan terus dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk meningkatkan pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan dengan bantuan teknologi modern.