Pengaruh Media Buku Pop Up Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
keterampilan menulis, puisi, pop up book, pelajar PancasilaAbstract
Keterampilan menulis puisi merupakan kegiatan terpenting pada Pendidikan khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti terpikat untuk melaksanakan penelitian dengan mengaplikasikan media pembelajaran buku pop up yang bertujuan untuk mengembangkan imajinasi peserta didik dan meningkatkan minat keterampilan menulis puisi. Metode yang diaplikasikan yaitu kuantitatif serta jenis penelitian eksperimen. teknik wawancara, teknik observasi dan teknik tes merupakan teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Hasil penelitian 1) mampu meningkatkan kemahiran menulis puisi dengan mengaplikasikan media buku pop up 2) meiningkatkan kemahiran menulis puisi tanpa mengaplikasikan media buku pop up. 3) terdapat dampak media pembelajaran berbasis buku pop up terhadap kemahiran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Islam Manbaul Hikmah. 4) peserta didik menerapkan dua dimensi yaitu dimensi mandiri dan dimensi kreatif pada proses pembelajaran menulis puisi. untuk menguji pengaruh alat pembelajaran buku pop up menggunakan uji hipotesis, uji hipotesis yang diaplikasikan ialah pengujian paired sampel t test dan pengujian independent sampel t test. Dari hasil pengujian hipotesis memperoleh skor substansial 0,000 yang artinya lebih rendah dari pada 0,05 maka alat pembelajaran buku pop up berpengaruh terhadap hasil kemahiran menulis puisi.