Pengaruh Media Buku Pop Up Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Kharisma Noviana Universitas Muhadi Setiabudi
  • Prasetyo Yuli Kurniawan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Ghufroni Universitas Muhadi Setiabudi

Keywords:

keterampilan menulis, puisi, pop up book, pelajar Pancasila

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan kegiatan terpenting pada Pendidikan khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti terpikat untuk melaksanakan penelitian dengan mengaplikasikan media pembelajaran buku pop up  yang bertujuan untuk mengembangkan imajinasi peserta didik dan meningkatkan minat keterampilan menulis puisi. Metode yang diaplikasikan yaitu kuantitatif serta jenis penelitian eksperimen. teknik wawancara, teknik observasi dan teknik tes merupakan teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Hasil penelitian 1) mampu meningkatkan kemahiran menulis puisi dengan mengaplikasikan media buku pop up  2) meiningkatkan kemahiran menulis puisi tanpa mengaplikasikan media buku pop up. 3) terdapat dampak media pembelajaran berbasis buku pop up  terhadap kemahiran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Islam Manbaul Hikmah. 4) peserta didik menerapkan dua dimensi yaitu dimensi mandiri dan dimensi kreatif pada proses pembelajaran menulis puisi. untuk menguji pengaruh alat pembelajaran buku pop up  menggunakan uji hipotesis, uji hipotesis yang diaplikasikan ialah pengujian paired sampel t test dan pengujian independent sampel t test. Dari hasil pengujian hipotesis memperoleh skor substansial 0,000 yang artinya lebih rendah dari pada 0,05 maka alat pembelajaran buku pop up  berpengaruh terhadap hasil kemahiran menulis puisi.

Downloads

Published

01-01-2024

Issue

Section

Articles